Sejarah

Pendahuluan

Program Pendidikan DokterSpesialis IIObstetri dan Ginekologiadalah suatu program pendidikan dokter spesialis II (subspesialis) yang dalam pelaksanaan pendidikan mengaitkan kurikulum pendidikan profesi secara mendalam dan terukur.
Tujuan pendidikan ini adalahmenghasilkan Dokter Subspesialis yang kompeten, profesional dan berwawasan internasional. Seorang Dokter Subspesialis diwajibkan memiliki pengetahuan yang mendalam, kompetensi klinis dan mampu kreatif mengembangkan keilmuan di keminatannya, serta mampu berperan aktif dalam penelitian dasar maupun terapan dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan teknologi kedokteran. Mampu menjawab kebutuhan masyarakat dengan pelayanan profesional dan berperan sebagai konsultan bagi dokter spesialis Obstetri Ginekologi.
Gelar yang didapat setelah selesai masa pendidikan adalah Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Konsultan
Peserta didikyang dapat mengikuti Program Pendidikan DokterSpesialis IIObstetri dan Ginekologiadalah peserta pendidikan subspesialis yang terbagi menjadi 5 (lima) keminatan, yakni Fetomaternal, Fertilitas Endokrinologi Reproduksi (FER), Onkologi, Obstetri Sosial dan Uroginekologi. Dalam pelaksanaannya peserta didik akan dibimbing oleh para dosen dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga / RSU dr Soetomo serta dosen tamu baik dalam maupun luar negeri yang bekerja sama dengan bidang minat masing masing.
Tahapan pembelajaran program pendididkan ini dimulai dengan kegiatan belajar mengajar yang terpadu berupa Mata Kuliah dasar Umum untuk semua bidang minat, dilanjutkan dengan kegiatan belajar di masing2 bidang minat selama pendidikan subspesialis dan diakhiri dengan tesis / karya akhir. Struktur dan isi kurikulum secara utuh dapat dilihat pada kurikulum minat studi masing2
Kurikulum Program Pendidikan DokterSpesialis IIObstetri dan Ginekologidisusun dan ditetapkan dengan acuan peraturan yang berlaku.